Di Balik Pria & Wanita Sukses Ada Wanita & Pria Hebat

Di belakang pria sukses ada wanita hebat. Setuju? Menurut gw, kurang lengkap.

Dalam konteks pasangan hidup, dalam arti bukan Ibu atau Nenek yang mendukung si pria agar sukses, kalimat itu kurang lengkap. Kesuksesan bukan hanya milik si pria. Wanita pun berhak. Di masa sekarang, ketika kesetaraan gender membuat wanita diberi kesempatan untuk mengeksplor potensi yang dimilikinya, mereka pun berhak untuk sukses. Tidak hanya sukses secara kodratnya (melahirkan, mendidik anak-anak, mengurus rumah tangga), tapi juga sukses di bidang lain.

Potensi pribadi, mungkin itu kata kunci yang perlu diingat. Ketika sebuah hubungan antar pria dan wanita terjalin, perlu ada kesinambungan dalam mendukung potensi masing-masing. Tidak hanya fokus pada kesuksesan menggali potensi si pria hingga ia mendapat posisi jabatan di tingkat sekian, memiliki penghasilan sekian, mempunyai karya sekian. Wanita pun perlu didukung dalam menggali potensinya. Seperti yang pernah dikatakan tokoh Halya di novel CoupL(ov)e,
“Pada dasarnya, setiap orang punya potensi. Baik pria maupun wanita, bahkan setelah mereka menikah. Selama mereka bisa saling mendukung untuk menggali potensi masing-masing, di mana pun mereka berada, sepertinya nggak masalah. Jangan ada yg merasa dominan atau minder. Terkadang, masalah sepele seperti ‘tidak merasa didukung’, bisa menjadi masalah fatal.”
Kamu kan belum nikah, Rhein. Emangnya gampang bagi waktu antara ngurus anak, suami, beres-beres rumah, mana ngga ada PRT, penghasilan pas-pasan. Mikirin potensi pribadi? Mana sempat. Nggak usah sotoy kamu, Rhein…

Oh ya.. Sebut saya sotoy… Sotoy itu kata lain dari thinking out of the box :p. Bagi saya pribadi, sosok pria yang baik tidak hanya terlihat dari bagaimana ia bertanggung jawab menafkahi keluarga. Secara materi, oke. Secara psikologis? Pria itu juga harus mampu mendukung wanitanya agar merasa percaya diri, memiliki karya/potensi yang bisa bermanfaat. Pria yang baik, adalah ia yang mengenal dengan baik siapa sosok wanita yang bersamanya. Tahu apa kelemahannya, tahu apa potensinya, dan tahu bagaimana agar wanitanya bisa sukses seperti dirinya.

Konon, pasangan itu ibarat sepasang sayap, terbang bersamaan. Karena itu, di balik pria sukses pasti ada wanita hebat dan di balik wanita sukses pasti ada pria hebat.

Love is real, real is love. -John Lennon-

Comments

warm said…
saya setuju lah pokoknya, soalnya sudah terbukti dan beruntung memiliki wanita sosok wanita hebat itu disisi saya ^^

dan maaf kmaren blm sempet ketemu ya, next time ok :)

Popular posts from this blog

Untuk Kamu-Kamu yang Tidak Pintar

Giveaway & Talkshow with Nulisbuku Club

Backpacker Thailand Trip (part 1): Jakarta-Bangkok