Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari November, 2012

Quiz Resensi Novel Favorit

QUIZ!! KUIS!! HADIAAAHH!! HORRAAY!! ^o^/

Ide kuis ini berasal dari begitu banyak buku-buku di rumah Rhein dan bingung mau dikemanakan. Di satu sisi rak buku tidak bisa bertambah dan di sisi lain hampir tiap bulan beli buku. Sebagian buku-buku koleksi pribadi sudah pernah di jual dan saat ini Rhein ingin membagikannya GRATIS!! Apah?? Gratis?? Iya dong... Hanya saja, Rhein ingin membuat: 
KUIS RESENSI NOVEL FAVORIT Tujuan kuis ini adalah agar para peserta melakukan aktivitas membaca sekaligus menulis. Membuat resensi pasti harus membaca dulu, lalu menuliskannya. Ya iyalah.. Aduh, Rhein kebanyakan basa-basi, deh! Hadiahnya apa, nih?? Okay, karena tujuan utama adalah mengosongkan sebagian isi rak buku, maka hadiahnya adalah paket buku koleksi pribadi Rhein. Eits, tapi tenang saja... Semua kondisi buku yang menjadi hadiah ini tentu masih sangat baik dan layak baca. Bahkan ada yang masih dibungkus plastik. Isi ceritanya tak lekang oleh waktu dan jumlahnya cukup banyak! Hohoho... Mau dong dap…

Ubud Writers Readers Festival 2012 (part 2)

Masih lanjutan cerita tentang Ubud Writers Readers Festival ya.. Sumpeh deh senang banget dateng ke acara ini. Auranya tuh bener-bener kepenulisan banget. Rhein juga sempet ngobrol-ngobrol sama orang Australia yang ternyata dia itu dosen jurusan budaya Indonesia di salah satu Universitas di Australia, lho! Oemji... Negara kita ini sebenarnya keren! Oke, lanjut ke topik diskusi panel yang Rhein ikuti.

3. It Rolls Off The Tongue General: A lesson in language; writers share for the precise phrase, the obsession with perfection, the a-ha moment when word matches vision. Speaker: Kader Abdolah, Marina Endicott, Anna Funder, Muhary Wahyu Nurba
Diskusi panel ini seru karena dibuka dengan curhat masing-masing pembicara. Ternyata para penulis yang udah tenar dan meraih banyak award itu banyak yang pada awalnya bukan benar-benar penulis, lho. Mereka juga mengalami masalah yang sama dengan para penulis di Indonesia, menjadi penulis masih dipandang sebagai karier yang 'tidak terlalu punya masa…

Ubud Writers Readers Festival 2012 (part 1)

I know it's so late. Ubud Writers Readers Festival (UWRF) has already held more than last month dan Rhein baru  mengulasnya sekarang. Ingkar janji padahal pengen langsung berbagi cerita seminggu setelah pulang dari Bali dan Lombok itu. Namun apa daya, seriously, efek UWRF dan bertemu begitu banyak penulis profesional bin tenar itu membuat semangat menulis langsung meningkat sehingga Rhein begitu tergerak untuk merampungkan editing-revisi sebuah novel. It finished now, Alhamdulillah. And while I'm writing for one thing, I still can't write for other thing. I don't know why. I just feel the characters ruin over my head and said, "Damn you writer! Focus in our life and finish our stories now!" Okay, let's talk about characters later.

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, Rhein datang ke UWRF sebagai pengunjung biasa dan berkat kebaikan hati Penerbit Mizan yang memfasilitasi semua akomodasi selama di Bali, sebagai hadiah pemenang pertama lomba novel Qanit…