My Class, My New Family: CCE ITB 48

Hai teman-teman, apa kabar? Udah lama banget sepertinya sejak Rhein terakhir kali nulis blog tentang cerita keseharian. Iya nih, Rhein isi blognya promosi buku melulu. Hihihi.. :p.

Kali ini Rhein mau cerita keseharian, deh. Apalagi kalau bukan tentang kehidupan mahasiswa di kampus. Sejak Januari lalu, Rhein kuliah lagi di Bandung, kampus Gajah, ambil jurusan Bisnis, konsentrasi Creative & Cultural Entrepreunership (disingkat CCE). Ih, apaan tuh? Gaya amat! Intinya, kuliah untuk jadi entrepreuner, cocok banget untuk manusia seperti Rhein yang nggak bisa hidup dalam rutinitas kantoran dan penyuka tantangan. Hohoho...

Rhein sekelas sama 40an mahasiswa lain. Kami angkatan MBA ITB CCE 48. Apa yang unik dari kelas ini? Oh, kami semua dididik untuk jadi entrepreuner dan hampir semua temen sekelas Rhein udah punya bisnis sendiri atau menjalankan bisnis keluarga. Kebayang dong, ada yang punya bisnis clothing design, spa house, konsultan keuangan, desain interior, wedding organizer, sampe bisnis kelas berat macam kontraktor bangunan atau pemilik ranch kuda. Di kelas ini, impian kami bukan jadi manager atau memiliki karier cemerlang di sebuah perusahaan ternama. Kami ingin jadi Raja di bisnis sendiri. Mengapa? Ah, alasannya simpel sih... Karena kami semua hobi MAIN! Hahaha.. Dan mengelola bisnis sendiri bisa lebih mengatur waktu menjadi lebih efektif sehingga waktu main tidak terganggu oleh ikatan jam kantor.
Tau gambar di atas? So true, right? Nah, kami pengen membuat kategori baru dari gambar di atas: young, have time, money, and energy. Tambahan deh, mati masuk surga. Aamiin! Di usia-usia produktif seperti Rhein & temen-temen sekelas (20's years old), banyak orang lain yang terjebak oleh rutinitas kantor. Sebenarnya enak sih, dapet gaji gede, bonus, prestige perusahaan tersohor. Apa pula bikin bisnis di usia muda. Emang gampang? NGGAK! Butuh modal gede, energi gede, rugi berjuta-juta, belum lagi masalah nyari SDM karyawan. Oh, apalagi ditambah tugas kuliah yang... MasyaAllah... MasyaAllah... (speechless saking banyak dan bikin stress).

Nah, di kelas CCE ini kami dibekali mata kuliah-mata kuliah yang bisa mendukung bisnis. Mulai dari bagaimana membuat logo perusahaan, promosi, sampe yang ribet-ribet macam inventory, finance, SDM, dll. Kuliahnya menyenangkan, temen-temen sekelas menyenangkan, yang nggak menyenangkan itu tugasnya banyaaaakk. Hahahaha...

But at least, kami di sini udah kayak keluarga. Mungkin banyak di antara kalian yang pengen nyoba bisnis tapi lingkungan nggak mendukung. Saat down, rugi, orang-orang sekitar kembali memberi saran "udah deh, ngelamar kerja lagi aja". Di sini, Rhein merasa beruntung karena ada 40an teman yang senasib! Ngomongin modal kawin yang habis buat buka cabang bisnis baru, adaaaa... Ngomongin karyawan yang nyebelin, adaaaa... Ngomongin startegi promosi yang kece, adaaaa... Pebisnis banyak duitnya? Kata siapa? Yang bokek banget sampe harus minjem duit, adaaaa... Hahahaha.. Tapi satu yang pasti, kami semua menjalankan apa yang disebut passion! :)

With lecturer of Design Thinking Class at Batik Komar Bandung

With our lovely lecturer at Marketing Management Class

Pengalengan Trip
Ketika hidup di dunia ini hanya satu kali, manfaatkan untuk melakukan semua hal yang kita suka dan menyenangkan. 


Love is real, real is love. -John Lennon-

Comments

HM Zwan said…
Weh seru bgtttt....jd igt jmn kuliah dlu hehe
Unknown said…
Hai mba Rhein, kenalin aku jessica :D

aku lg tertarik jg nih mba untuk masuk CCE. Tapi dy kuliahnya itu senin- kamis ya full?

saya minat banget, tp saya punya usaha toko gtu yg agaknya susah di tinggal.

di kelas mbak, ada ga kira2 yg senasib sama saya? kalo ada, gmn cara dy bagi waktunya?

tq mba :D
Rhein Fathia said…
Hai Jessica, untuk semester 1&2 iya kuliah bisa dibilang full dan tugasnya gila2an. Mengenai waktu, itu emang tergantung prioritas kamu. Beberapa teman sekelas ada yg punya punya resto, salon, atau perusahaan. Mereka ttp bisa kuliah krn bs mengalihkan ke pegawai, kecuali jika ada hal penting diperbolehkan izin ke dosen.

:)
Unknown said…
Halo mba Rhein,

okee, thank you ya infonya mbak :) Good luck untuk study nya~
Unknown said…
btw mba, mo tanya lg :) jam kuliahny itu jam brp sampe jam brp ya mbak?

Popular posts from this blog

2022: Slightly Romantic Comedy

A Day at The Same Time Zone

The Only One Lady's Birthday