Tips Menulis 1: Baca (Iqra'!)

Saya sering banget dapat pertanyaan, "Rhein, apa sih tips supaya bisa nulis?". Dan saya akan selalu menjawab, sebelum menulis kamu harus bisa terlebih dulu membaca. Baca buku? Oh, tidak selalu... Saya akan coba jelaskan mengapa membaca merupakan poin penting untuk bisa menulis. Tulisan ini pernah saya publish di blog saya sebelumnya. Check this out!
=========================================================================

Aku mengenal seorang anak kecil yang menurut cerita ibunya, sudah suka membaca bahkan sebelum ia mengenal huruf dan angka. Ibunya pernah bercerita, "Dia ini, waktu usia belum 3 tahun hobinya ngedeprok (bhs sunda: tengkurap) di atas koran terus pura-pura baca 'dan olang-olang dan belsama-sama..dan olang-olang dan belsama-sama', begitu terus setiap baca koran".

Kini, anak kecil itu sudah tumbuh dewasa dan masih suka membaca. Mulai dari sobekan koran bekas bungkus terasi dari warung, sampai jurnal sains milik J.J Thompson (untuk yang ini, masih dalam tahap membaca dan berusaha keras untuk memahami hihi,, ;p)

Perintah untuk membaca adalah wahyu Tuhan pertama yang turun untuk manusia teristimewa. Ia tidak memerintahkan untuk berperang melawan musuh, Ia tidak memerintahkan untuk bersujud 5 waktu, Ia tidak memerintahkan untuk menyebar kebaikan, bahkan Ia tidak memerintahkan untuk selalu mengingat-Nya. Ia hanya memerintahkan untuk membaca! That's it.

Mengapa? Karena membaca adalah pekerjaan mudah (yang sering dijadikan susah) yang dapat dilakukan manusia. Bahkan menurut sebuah penelitian, bayi usia dibawah 6 bulan sudah dapat membaca gerak orang-orang sekitarnya, yang nantinya akan masuk dan mengendap lalu membentuk kepribadian si bayi itu.

Membaca itu mudah, karena instrumennya sudah Ia berikan pada setiap manusia. Membaca hanya perlu MATA. Bola mata, mata hati, dan mata kaki. Bila tak miliki salah satunya, manusia masih miliki mata yang lain. Dan merugilah mereka yang tidak memiliki ketiga mata itu...

Membaca juga dapat dilakukan oleh orang yang buta huruf, karena membaca tidak melulu huruf dan angka. Orang-orang zaman dulu bisa 'membaca' langit dan merangkai bintang-bintang (sebenarnya tidak melulu bintang, karena ada juga nebula dan galaksi) hingga membentuk konstelasi, yang sampai sekarang dipergunakan oleh orang-orang modern (ngakunya) seperti kita.

Membaca juga tidak melulu identik dengan sekolah, ruang kelas dengan papan tulis, guru, buku, pinsil, penghapus, dll. Karena dengan melihat sehelai daun atau seekor nyamuk terbang pun, banyak hal yang dapat dibaca.

Untuk membaca, manusia hanya perlu membuka MATA. Bola matamu, mata hatimu, dan ayunkan mata kakimu,,, Di manapun dirimu berpijak, disitulah taman bacaan-mu,,,

Selamat Membaca,,, ^_^
==========================================================================

Bacalah...

Love is real, real is love. -John Lennon-

Comments

addiehf said…
aku juga sedang mbaca postingan ini :D
Muhammad Qori said…
not only read, but hear, fell, and eat up to your brain. Make a processing word to write it depending on mood and situation. Alright ya?
Tukang Gosip said…
alhamdulillah.... berkat Rhein, akhirnya tukang Gosip bisa baca dweh...

makasih ya Rhein....
Tukang Gosip said…
alhamdulillah.... bisa mbaca, akhirnya Tukang Gosip bisa nulis juga dweh...

makasih lagi ya Rhein....

Popular posts from this blog

2022: Slightly Romantic Comedy

Tips Belajar IELTS (yang ngga berhasil-berhasil amat)

Review Macbook Air 11 Inch