Bapak, Aku, dan Kambing Kami

Masih dalam kondisi traveling setelah Ubud Writers Readers Festival dan keterbatasan alat ngetik plus sinyal wifi. Thanks to lovely brother, Bani, yang rela tabletnya digondol selama perjalanan ini..

Kemarin Idul Adha ya... Rhein menjalaninya di Ubud, bertepatan dengan hari terakhir UWRF. Pagi-pagi (06.30 waktu setempat) Rhein buru-buru keluar penginapan menuju lokasi yang ditunjukkan bapak pemilik homestay sebagai tempat yang biasa digunakan untuk umat muslim shalat Jumat. Keliling-keliling di lokasi tersebut, kok sepi?? Setelah bertanya ke salah satu penduduk, ternyata umat muslim Ubud kalau mau solat Idul Adha atau Idul Fitri harus ke kota. Yang terdekat katanya kantor kelurahan di Gianyar, yang mana termasuk jauh dari homestay tempat Rhein menginap. Akhirnya ngga jadi melihat aktivitas Idul Adha muslim di Ubud, balik ke homestay.

Sekarang cerita tentang kambing. Di rumah, Bapak adalah yang paling anti dengan daging kambing. Hal itu juga terbawa menjadi kebiasaan anak-anaknya ngga ada yang suka. Kenapa? Aku diceritain sama Ibu yang dapet kisahnya dari Nenek (Ibunya Bapak).

Waktu Bapak masih kecil, usia TK atau SD kelas kecil, Aki membeli kambing untuk kurban Idul Adha saat itu. Aki sengaja membeli sekitar seminggu sebelum Idul Adha. Bapak kecil yang belum mengerti esensi kurban seneng banget ada kambing di halaman rumah, disangkanya untuk dipelihara. Tiap hari Bapak sering main sama tuh kambing, ngasih makan, dielus-elus, pulang sekolah didatengin ke kandang, pokoknya seneng banget punya peliharaan.

Sampai pada saat Idul Adha, selesai shalat, Bapak masih ketemu si kambing dan ngasih makan, lalu pergi main sama temen-temen, libur sekolah kan ya... Nah, sore-sore pulang main, Bapak mendapati si kambing ngga ada di halaman. Bapak kecil nyari kambing kemana-mana, keliling setiap rumah, kolong ranjang, dapur, sampai nanya ke uwak-uwaknya kemana kambing saya? Ngga ada yang tahu. Sampai akhirnya kakaknya Bapak bilang bahwa kambing Bapak udah disembelih, udah mati. Dang! Patah hati lah Bapak.

Keesokan harinya, masih menurut cerita Nenek, giliran Bapak yang hilang entah ke mana. Seharian dicari oleh Nenek, Aki, dan semua kakak-kakanya, ngga ketemu. Baru pada malam hari, Nenek menemukan Bapak di salah satu kolong tempat tidur di rumah (rumah Nenek-Aki dulu luaaasss banget & banyak kamar karena sering ada orang luar negeri nge-kos). Bapak ditemukan ngumpet di kolong ranjang dalam kondisi nangis diam-diam, sedih kambing sahabatnya dalam beberapa hari, disembelih tanpa dia tahu, tanpa sempat perpisahan. Huhuhu... Sejak itulah Bapak ngga pernah mau makan daging kambing karena selalu teringat kenangan kambing tersayang.

Itu cerita kambing Bapak. Sejak dulu, Bapak-Ibu selalu mengajarkan Rhein dan adik-adik untuk berbagi. Termasuk mengenai esensi kurban Idul Adha, kami diajarkan mengenai keikhlasan untuk memberi, apalagi setelah mendapat begitu banyak anugerah berlimpah. Karena seringkali memberi pada orang lain sebenarnya memberi kebahagiaan pada hati kita sendiri. Mungkin kita baru mampu memberi materi, tapi Tuhan pasti memberi 'hal lain' pada kehidupan dan hati  kita. Tambahan lagi ortu pernah cerita kalau binatang yang menjadi kurban Idul Adha akan menjemput saat kita akan melewati jalan Sidhratul Muntaha, menjadi kendaraan kita menuju surga. Dulu, Rhein kecil cuma ketawa-ketiwi 'hihihi... Gimana rasanya naik kambing?'.

Tahun ini, setelah menabung beberapa tahun dan niat banget dari tahun-tahun lalu, Alhamdulillah dikabulkan untuk bisa kurban sendiri. Karena Rhein harus melakukan perjalanan, jadi hanya bisa menitip ke Bapak-Ibu, minta tolong dibelikan hewan kurban. Kemudian pagi-pagi di hari Idul Adha, Ibu mengirim foto si kambing. Kambing kurbanku, kambing pertamaku, kambing yang semoga pada saatnya nanti bisa, insyAllah, menjemputku untuk ke surga. Di penginapan Ubud, cuma bisa nangis lihat foto kambing. Nangis haru, seneng, dan bersyukur banget. Baru pada kali itu Rhein merasa bahwa kambing itu cakep! Hahaha.. Itu cerita kambingku...

Kalau kambingmu? :D

Kuta, 16 Oktober 2013.


Posted via Blogaway

Comments

Lina W. Sasmita said…
Haha...Rhein mana ada kambing yg cakep atuh Neng. Eh di Ubud Writer ya? Selamat yaaaa. Masih mimpi bisa ke sana jadi peserta.

Popular posts from this blog

2022: Slightly Romantic Comedy

The Only One Lady's Birthday

Giveaway & Talkshow with Nulisbuku Club