Dunia Nyata Tetap Lebih Menyenangkan

Hello, apa kabar kalian di bulan September ini? Konon bulan ini identik dengan quote pamungkas,
wake me up when September end
Namun entah mengapa, yang identik bagi Rhein tentang September adalah kisah-kasih Gerakan 30 September/PKI. Hahahaha...

Okay, nothing is special about my life in this September. Semester baru sudah dimulai, perkuliahan sudah berjalan 3 minggu. Mata kuliah yang bikin sesak napas adalah Management Financial sama Business Strategy & Enterprise. Jelas ya dua mata kuliah ini ngga pernah gue dapet di Fisika dulu dan bener-bener blank! Untungnya, alhamdulillah banyak temen yang bisa diajak diskusi. Dan, menyenangkan! :)

Kenapa gue bilang menyenangkan? 

Well, honestly sometimes I feel so pathetic about this country, especially about not-important-thing people love to buzz. Let say, the rare of tahu-tempe (which is not in all location, only exaggerated news), Miss World controversy, or who-is-he the accidentally famous stupid person with "sasi-sasi". And thanks God, I got about these spreading news only in social media. Most of social media.

Maka, ketika gue tiap pagi datang ke kampus, berkutat dengan dunia nyata, orang-orang yang nyata, pembahasan yang muncul justru berbeda. Memang sih, yang dibahas nggak jauh-jauh dari tugas kuliah. Namun, semua isi tugas itu jauh lebih bermanfaat bagi suplai isi otak gue. Contohnya kuliah Business Strategy & Entreprise yang cukup bikin mumet seminggu ini tentang apa yang harus dilakukan seorang pengusaha pesawat jet (Embraer) dalam membuat strategi untuk menghadapi pesaingnya (Bombardier). Paper case yang harus dibaca bikin gue paham tentang industri pesawat, termasuk Boeing dan Airbus, bagaimana sejarah mereka, efek yang terjadi pasca bom 11 September, persebaran saham, efeknya terhadap berbagai negara, persaingan bisnis pabrik pesawat, dll.

Atau ketika gue mengerjakan tugas Financial Management, yang mana duh-plis gue ngga pernah megang akuntasi sejak kelas 3 SMA. Awalnya blank dan diskusi antar teman bisa bikin gue sedikit tercerahkan tentang bagaimana melihat pencatatan keuangan, pergerakan kestabilan saham perusahaan (kasus minggu ini PT Krakatau Steel), atau cara-cara mengidentifikasi perusahaan mana yang sehat dan kita bisa investasi di sana. Atau nggak usah jauh-jauh deh, pembahasan dalam membuat keputusan "saat mulai usaha, mending modal sendiri atau pinjem uang dari bank?"

I love my class since I came to study here. Gue suka suasana yang seimbang antara mau usaha, belajar, dan nggak lupa main, yang ada di antara temen-temen. Setidaknya, minimal, ada kok sekelompok orang yang lebih membicarakan hal bermutu dan bukan omong kosong.

Alhmadulillah. Makasih Tuhan, aku cinta dunia nyata yang menyenangkan ini. :)
Love is real, real is love. -John Lennon-

Comments

Sifah Nur said…
Dari G 30S/PKI ke Business Strategy & Entreprise.. loncatnya berapa meter ya, kak? ;D

walaupun pusing-pusing, dijalani aja, lah, kak.. Allah masih melek :)
Inge Lakawa said…
waaa kyknya fun banget ya ^^

visit my blog ^_^
www.LuchLuchCraft.com
My online store ^_^
www.TokoLuchLuchCraft.biz

Popular posts from this blog

Untuk Kamu-Kamu yang Tidak Pintar

Giveaway & Talkshow with Nulisbuku Club

Tips Belajar IELTS (yang ngga berhasil-berhasil amat)