Finally, CoupL(ov)e Published!

Novel CoupL(ov)e lahir dari kebosanan saya di kantor di awal Januari 2011. Bosan, tercetus ide, dan menulislah saya. Setelah membuat plot dan karakter, awalnya saya hanya memberikan hasil tulisan berupa prolog, bab 1, dst ke beberapa teman, meminta komentar mereka. Lama kelamaan, saya tercetus untuk mempublikasi secara online berkala. Dibuatlah weblog couplove.rheinfathia.com. Secara rutin, setiap hari kerja, antara pukual 9-10 pagi, saya memposting hasil tulisan novel ini di blog. Awalnya, hanya beberapa teman dekat dan pembaca blog yang baca. Lama-kelamaan, karena promosi sana-sini dan hasil kicauan teman-teman saya juga, weblog CoupL(ov)e makin terkenal. Traffic menunjukkan banyak sekali yang datang ke weblog tersebut dan membaca ceritanya. Saya seneng banget dan makin semangat nulis.
 
Banyak pembaca yang ngasih komentar atau memburu-buru saya untuk cepetan update kalau terlambat. Hihihi... Saya masih inget gimana excitednya tiap mau posting cerita terbaru dan menunggu komentar teman-teman. Awalnya, saya sempat khawatir akan plagiarisme. Bagaimana kalau novel CoupL(ov)e ini dijiplak? Karena itu saya siasati hanya mempublish 5 bab dari total kurang lebih 20 bab cerita (Iya, banyak banget totalnya). Lagipula, saya percaya tiap penulis punya "style" mereka masing-masing, every writer has finger print. Jadi, kalau pun ada yang mencontek ide cerita, pasti "rasa" yang sampai ke pembaca pun berbeda. Jadi, saya pun tetap menulis novel CoupL(ov)e di blog. Selain karena ingin mendapatkan feedback dari pembaca, saya juga senang ternyata ceritanya bisa menghibur para pekerja kantoran, mahasiswa, atau siapa pun di waktu senggang aktivitas mereka. Well, berbagi selalu menyenangkan, bukan? Meski itu sepotong cerita.
 
Kurang lebih 4 bulan, CoupL(ov)e tamat, versi online pun saya stop. Saya mencoba memberikan draft tersebut pada rekan editor dan beberapa first reader untuk dibaca secara keseluruhan. Mereka cukup memberi insight, saran, kritik, dan komentar yang benar-benar membangun agar draft ini menjadi lebih baik. Saya juga minta tolong teman blogger Aldriana Amir untuk membuatkan cover novel online tersebut. Supaya lebih terasa beneran novel. Hihihi... Selanjutnya apakah langsung dikirim ke penerbit? Hohoho, jangan senang dulu, masih ada revisi!
 
Seharusnya, revisi bisa lebih cepat. Sayangnya, lagi-lagi masalah sibuk di kantor menjadi alasan. Saya sering menyempatkan diri untuk merevisi novel ini, pelan-pelan, di sela waktu yang ada. Namun tetap saja, susah beresnya. Hehehe... Sampai pertengahan 2012, setahun lebih CoupL(ov)e terbengkalai dan belum ketahuan nasibnya. Bahkan nyaris tersalip oleh novel saya yang lain, Seven Days, yang menjadi juara pertama di ajang lomba novel Qanita Romance by. Penerbit Mizan. Duh... Nasibmu, Nak.. :D. Meski begitu, saya senang karena traffic pengunjung weblog couplove.rheinfathia.com tetap tinggi meski saya sudah nggak update nulis. Mungkin ada yang kesasar. Hihihi...
 
Usai resign dari kantor, saya memutuskan ngebut menyelesaikan revisi CoupL(ov)e. Bulan November 2012, saya kirim ke penerbit Bentang Pustaka. Finally, fiuuhhh... Banyak-banyak berdoa supaya 3 bulan kemudian dapat berita terbaik. Biasanya, penerbit akan mengabarkan naskah novel diterima atau tidak dalam jangka waktu 3 bulan. Namun ternyata, jeng! Jeng! Sembilan hari kemudian saya mendapat jawaban bahwa Bentang Pustaka akan menerbitkan CoupL(ov)e! Kyaaaa...!! Ini penerimaan novel tercepat yang pernah saya terima. Satu mimpi saya pun terwujud lagi, bisa satu penerbit bareng penulis favorit saya, Dewi 'Dee' Lestari.

Akhirnya, penantian saya dan pembaca (kalau ada :p) mulai berakhir.
 
From online novel become a real novel. Please welcome,
 
CoupL(ov)e
a Novel by. Rhein Fathia
 
 
Love is real, real is love. -John Lennon-

Comments

Popular posts from this blog

2022: Slightly Romantic Comedy

A Day at The Same Time Zone

My Portofolio