Simple Things Make Me Happy


Selamat datang, weekend! ^_^

Bagi para pecandu rutinitas kesibukan weekdays, weekend menjadi suatu suntikan 'obat suntuk' yang membuat rileks. Bahkan seringkali kita ingin menambah hari libur karena merasa terlena dengan 2 hari 'obat suntuk' yang melenakan. Senin sering menjadi hari ter-badmood, termalas, atau ter-stress bagi hampir semua orang pekerja. Padahal ingat loh teman, yang namanya obat kalau kebanyakan pasti berbahaya. Termasuk 'obat suntuk' itu. Terlalu lama libur dan bermalas-malasan bisa menurunkan potensi dan mematikan produktivitas. *kalau lama libur mah itu namanya pengangguran, Rhein!* =))

Beberapa waktu ini Rhein pun merasakan hal itu, rasa excited untuk bekerja mulai menurun. Ditambah dengan beberapa 'tokoh' di tempat kerja yang tidak satu ritme saat menjalani weekdays. Jadilah, ketegangan yang timbul membuat rasa excited tergantikan oleh pikiran-pikiran buruk, seperti "I'm not supposed to be here!" ;  "I hate him!" ; "Are they stupid or imbesil?" ; "Well, stupid me for being stuck on this situation.". Pikiran-pikiran buruk tersebut, pastinya menambah beban yang ampun-ampunan menyebalkan. 

I always say to myself, don't let other people affect your mood. Alhamdulillah, for several days, I try to figure out how can I get back my 'excited feeling' on my job. Ternyata, hal-hal simpel bisa melarutkan emosi dan membuat hari-hari kerja menjadi lebih menyenangkan.

1. Awali hari dengan sugesti positif. Gampang yah, teorinya :D. Setiap bangun tidur, Rhein yang masih bergelung dalam selimut menyempatkan untuk bergumam "Bismillah, hari ini akan menyenangkan!"

2. Lakukan hal menyenangkan di pagi hari sebelum memulai aktivitas, sekecil atau sesingkat apapun itu. Kalau Rhein pribadi, dandan! Hahaha.. Yup, aktivitas pagi hari Rhein didominasi oleh dandan. :))

3. Tersenyum lebih banyak. Bukan senyum-senyum nggak jelas, tapi ketika tidak sengaja berpapasan siapapun, cobalah untuk tersenyum. :)

4. Bagi yang muslim, sempatkan sholat Dhuha. Rhein merasakan bahwa basuhan air wudhu membuat pikiran lebih rileks.

5. Ketika kita merasa marah, keluarkan dengan sikap yang elegan dan intelek. Debat kusir, omelan, atau cerocosan dengan rekan kerja tidak akan menyelesaikan masalah. My boyfriend told me, work professional and don't trust anyone in office. Sepertinya hampir semua 'kuli' tahu, kantor beda dengan kampus, begitu pula isinya.

6. Jangan terlalu banyak berinteraksi dengan social media saat bekerja. Kecuali kalau kerjanya memang yang berhubungan dengan social media, ya... Fokus, kerjaan cepet selesai, bisa pulang tepat waktu! :D 

7. Maafkan orang karena kebodohannya. Ketika pekerjaan tidak sesuai dengan yang kita rencanakan karena pengaruh pihak lain, maafkan dan segera cari solusi. Tentu hal yang patut diingat juga, cegah kebodohan kita merugikan orang lain.

8. Bersyukur. Bagi kuli seperti Rhein yang dibayar berdasarkan target, lalu ternyata ada anggota tim yang menghambat sehingga target tidak tercapai, awalnya menyebalkan sekali. Namun, syukurilah.. Mungkin belum saatnya Rhein mendapat rezeki itu. Kerja keras dan serahkan semua pada Tuhan.

9. Curhat. Rhein selalu menyempatkan curhat sama Ibu atau pacar setiap pulang kantor. Curhat ini tentunya bukan mengeluh tanpa solusi. Menceritakan hari-hari di kantor bisa meringankan beban emosi yang menghimpit hati.

10. Kembangkan mimpi, asah potensi, luaskan pikiran. Di sela-sela waktu senggang, cobalah cari kegiatan positif yang bisa mengembangkan potensi pribadi. Kursus, seminar, atau ikut acara sosial.

11. Nikmati weekend secara efektif! Nah, lakukan hal-hal yang kita suka deh... :D Weekend ini, Rhein mau mencoba resep masakan baru dari naskah yang sedang Rhein edit. Kebetulan tema-nya masakan Internasional.. hhuummm.. ssllrrppp =9


Love is real, real is love. -John Lennon-

Comments

Winnie said…
setuju!! positive thinking aja .. pasti hal2 yg bikin bad mood di tempat kerja bisa diatasi :)
Juminten said…
Wah, pas banget nih Rhein postingannya.
Besok baru aja mau masuk hari Senin. Hahaha...
Dan pas banget, gw jg lg BT sama beberapa orang yg setim sama gw karena kerjaannya ga beres dan berimbas ke gw jg! *curcol*

Popular posts from this blog

Untuk Kamu-Kamu yang Tidak Pintar

Giveaway & Talkshow with Nulisbuku Club

Backpacker Thailand Trip (part 1): Jakarta-Bangkok