Langsung ke konten utama

Pos

Menampilkan postingan dari Agustus, 2015

Ajakan Backpacking 1/2 ASEAN

Halo teman-teman penggemar jalan-jalan. Saya ada rencana jalan-jalan ke 5 negara ASEAN nih. Sendirian. Kemudian daripada itu saya mau ngajak siapa tahu ada backpacker yang juga kebetulan pas libur, dapet cuti kerja, ada duit, atau emang waktu lowongnya banyak kayak saya, mau ikutan jalan-jalan juga. Berikut tanggal & rute yang akan saya jalani nanti.
18 Oktober: Jakarta-Singapura (transit)-Phuket (pake pesawat, di Phuket 3D2N) 21 Oktober: Phuket-Bangkok (transit)-Ho Chi Minh City (pake pesawat, di Saigon 5D4N) 25 Oktober: Ho Chi Minh City-Phnom Penh (pake bis, di PP 2D1N) 26 Oktober: Phnom Penh-Siem Reap (pake bis, di SR 4D3N) 29 Oktober: Siem Reap-Bangkok (pake bis & kereta, di Bangkok 1N) 30 Oktober: Bangkok-Penang (pake kereta, perjalanan nyaris 24 jam, jadi kita bobo di kereta antar negara, iyes) 31 Oktober: Penang-Kuala Lumpur (pakai kereta, lagi-lagi bobo di kereta) 1-2 November: Kuala Lumpur (2D1N). Tanggal 2 sore balik Jakarta. TOTAL: 16D15N | 6 Negara 9 Kota.
Untuk j…

Writing Action Novel: Apa Bedanya? (part 1)

Di sela-sela musim kawin resepsi pernikahan dan 17 Agustusan yang mengakibatkan aktivitas Tenda Destarata cukup padat, saya mau share sedikit tentang tips nulis.
Yang udah paca baca Gloomy Gift pada tau dong novel itu termasuk dalam kategori apa -selain romance. Action or suspense novel, name it. Saat beberapa kali saya diajak kumpul-kumpul sama penggiat buku, banyak pertanyaan yang muncul tentang bagaimana menulis novel action/suspense? Seperti yang kita tahu novel jenis ini masih sangat jarang di Indonesia, baik dari segi penulis atau peminat (dibandingkan novel romance). 
Saya akan mulai dari apa yang membedakan secara garis besar teknik menulis romance dan action (karena saya baru pengalaman menulis di 2 tipe tersebut). Saat menulis romance, saya memfokuskan diri pada bagaimana menyajikan cerita yang bisa membuat perasaan pembaca teraduk-aduk. Salah satunya adalah dengan menjelaskan isi kepala dan perasaan karakter dalam novel. Contoh: 
"Oke, aku pergi dulu, ya!" Halya n…